Thursday, April 30, 2020

Cara Menanam Rumput Cuba Dan Cara Perawatan Nya


Pensieriallosbaraglio - Cara menanam rumput Kuba, saat ini masih berbicara tentang rumput yang identik dengan tanaman aquascape atau tanaman yang umumnya ditanam di pangkalan basah dan membutuhkan air dalam jumlah besar. Ramuan dari Kuba atau yang memiliki nama latin Hemianthus callitrichoides adalah jenis ramuan yang biasa ditanam di akuarium.


Memiliki bentuk daun kecil berwarna hijau cerah yang umumnya digunakan sebagai tanaman latar / karpet. Tanaman ini menjadi favorit dan telah dipilih karena selain memiliki bentuk yang indah dan daun kecil yang bagus yang akan terlihat indah ketika tumbuh, menyebar dan membentuk karpet di bagian bawah akuarium.

Secara umum, untuk menanam tanaman Kuba ini, beberapa mengatakan itu mudah, tetapi yang lain mengatakan itu sulit. Oleh karena itu, pada kesempatan ini, penulis ingin memberikan solusi yang konsisten dalam membuat 4 cara menanam rumput kuba dengan metode ampelas dan pemeliharaannya.


Teknik penanaman dengan Emerseed

Teknik ini merupakan kombinasi dari metode penanaman dalam kondisi basah dan kering. Metode ini juga dikenal sebagai DSM (Metode Mulai Kering), di mana rumput Kuba ditanam setengah jalan di tanah dan air. Keuntungan menggunakan metode ini adalah:

Tanaman Kuba akan tumbuh lebih cepat
Lebih kuat melawan serangan alga
Dan perawatannya minimal
Tetapi kerugiannya adalah Anda harus melakukan pekerjaan itu dua kali, yaitu biji pisang zamrud, dan kemudian mengadaptasinya lagi dengan menanamnya di bawah perendaman atau kondisi basah.
Siapkan alat dan bahan.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan untuk menanam rumput cuba. Alat dan bahan yang dibutuhkan dapat berasal dari barang sederhana atau barang bekas yang tidak digunakan dan mudah ditemukan di sekitar Anda, termasuk yang berikut:


Media kultur di poor d'arène.
Berlangganan dasar.
Bibit rumput Kuba hingga satu piring per 15.000.
Terlihat atau nampan Anda juga bisa menggunakan wadah yang berbentuk persegi dengan bagian bawah tertutup.
Penyemprot atau penyemprot.
Bola lampu 5 watt.
Buat media tanam

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mencampur pasir yang buruk dan pupuk dasar, lalu aduk sampai merata dan tambahkan sedikit air sampai media tanaman lembab dan lembab. Kemudian letakkan media tanam di atas nampan dengan ketebalan 5 cm.

Menanam rumput Kuba


Sebelum tanam, piring benih rumput Kuba dibersihkan dari tanah sehingga akar tanaman terlihat.

Kemudian bagi benih menjadi beberapa bagian kecil dengan panjang sekitar 1,5x1,5 cm. kemudian menanam rumput mendapatkan permukaan media pasir yang buruk dengan jarak 2 x 2 cm antara tanaman.

Pastikan akar tanaman terkubur di bawah permukaan media sementara daunnya tetap di permukaan media tumbuh.


Pemeliharaan rumput Kuba

Agar tanaman rumput cuba dapat tumbuh dengan baik, harus dilakukan perawatan intensif.

Meskipun tidak memerlukan perawatan khusus, ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk menjaga agar bak mandi bisa tumbuh optimal dan baik dan selalu terlihat segar dan hijau, bahkan dengan melakukan hal berikut:

Penyiraman

Menimbang bahwa di habitat aslinya, rumput Kuba dapat tumbuh di air, pasir membutuhkan air dalam jumlah besar. Minimal adalah membuat irigasi teratur sehingga Anda dapat mempertahankan kelembaban yang baik di media atau tanaman. Sehingga rumput Kuba tidak mengalami kekeringan atau dehidrasi. Irigasi harus dilakukan dengan menggunakan sprayer untuk menghindari menyemprotkan terlalu banyak air dan juga untuk mencegah media tanam dari banjir.

Berikan penutupan

Untuk mencegah penguapan berlebihan, tutupnya disediakan di atas. Ini akan membuat media tumbuh dalam kondisi lembab sehingga tanaman mempertahankan kelembaban, dan juga menjaga media tetap lembab agar tanaman tidak mengalami dehidrasi atau kering. Selain itu, tanaman rumput cuba membutuhkan kondisi kelembaban yang sangat tinggi.

Pupuk

Untuk menambahkan nutrisi ke tanaman, yang terbaik adalah menambahkan pupuk menggunakan pupuk nitrogen atau pupuk anorganik seperti pupuk urea, karena pupuk urea sangat penting untuk pertumbuhan tanaman. Ini akan menambahkan nitrogen ke tanaman yang diperlukan.

Pencahayaan

Untuk memaksimalkan pertumbuhan rumput cuba maka diperlukan pencahayaan yang optimal. Anda bisa meletakkannya pada tempat yang terkena cahaya matahari langsung. Namun akan lebih baik lagi jika menggunakan tambahan lampu bohlam yang berwarna kuning dengan kisaran ukuran 5 watt. Pastikan bahwa pencahayaan optimal sebab hal ini akan membantu rumput cuba untuk tumbuh semakin hijau dan segar

Itulah tadi, 4 Cara menanam rumput cuba dengan metode emerseed dan pemeliharaanya., semoga dapat menjadi referensi dan panduan bagi anda sekaligus juga semoga artikel ini dapat bermanfaat.

No comments:

Post a Comment